Header Ads

Was was sebelum UAS

Apa kabar teman-teman semua rekan-rekan mahasiswa satu angkatan saya? bagaimana pengalaman teman-teman semua di semester 3 ini? menyenangkan bukan? semoga selalu menyenangkan..heheh!

Baik, dalam kesempatan ini saya mau membagikan pengalaman saya tentang satu mata kuliah di e-learning yaitu sebuah mata kuliah, sebut saja matkul Z. Dari pengalaman saya mengikuti matkul ini, dari sesi 1 sampai sesi 8 ini saya anggap ini adalah mata kuliah yang  mahal atau boleh dibilang pelit, ya pelit dalam memberi nilai maksud saya, baik sesi diskusi atau tugas. 

Beda dengan mata kuliah satunya, sebut saja mata kuliah Y yang sangat royal, ya royal dalam memberi nilai, pada matakuliah Y, tutor memberi nilai rata-rata sangat tinggi.  Dan tugas tugaspun nilainya juga tinggi, misal nilai 93, 98, 100 itu sudah biasa.  Namun untuk yang matkul Z ini, kayaknya saya sangat sulit untuk mendapat nilai bagus, rata rata nilai yang saya dapat berkisar 70 sampai 86. Apa karena saya kurang smart ya? hiks!,,.  Siapa tahu nilai teman teman diluar sana bagus dan tinggi tinggi,... semoga saja prasangka saya ini benar. Berarti penulis ini kurang smart hihihi.... 


 Zinidin Zidan. sumber foto: IG zin_zidan111

Wait..wait..tunggu, eh kenapa ada gambar pengamen Yogya di sini? hehehe,,,tak apa, diakhir  tulisan nanti jawabannya,,,

Mari kita lanjut cerita tentang nilai matakuliah Z dan Y dulu...

Dalam kesempatan  ini saya akan menceritakan tentang nilai salah satu diskusi mata kuliah Z. Pada suatu kesempatan saya pernah menjawab diskusi, kalau tak salah diskusi sesi 2, saya dapat nilai 80. Dan saya coba untuk mengomentari komentar kawan-kawan yang lain, malah saya dapat nilai 70, maksud hati biar diskusinya hidup dan tidak garing, malah saya dapat nilai jelek, ... Waduh akhirnya saya agak trauma dan nggak mau komen komen lagi pada sesi diskusi, heheh... daripada nanti nilai  saya turun lagi.

Dan rupanya perkiran  saya salah, rupanya nilai saya tidak turun, rupanya nilai yang masuk dalam sistem adalah nilai yang tinggi, jadi nilai diskusi sesi 2 saya adalah yang 80 dan bukan yang 70. 

Dan di masa masa akhir tutorial ini memang tugas-tugas sangat padat, baik di e-learning maupun di LMS sehingga diskusi mata kuliah Z pada sesi 8 ini saya kerjakan belakangan.

Seperti biasa ketika mengerjakan diskusi di belakangan hari, saya selalu kehabisan bahan untuk menjawab diskusi. Karena semua bahan sudah dijawab sama rekan-rekan mahasiswa sebelum saya, sehingga saya mencari jawaban alternatif yang pas untuk pertanyaan diskusi. Dan saya pun menemukan jawaban yang saya anggap akurat, maka saya pun menanggapi diskusi dengan percaya diri. Namun walhasil saya cuma dapat nilai 77, nilai yang paling rendah diantara nilai nilai lainnya  selama 8 sesi ini.


Berjuang maksimal dan nilai 77 adalah rewardnya.
sumber foto: koleksi pribadi

Saya pun memutar otak, kira-kira gimana cara mendongkrak nilai.  Akhirnya pada suatu kesempatan,  tutor membuat pertanyaan baru di bawah tanggapan teman-teman mahasiswa lain, di sini saya harus memanfaatkan kesempatan dalam kesempiatan ini dengan sebaik baiknya. 

Siapa tahu dengan menjawab pertanyaan tutor yang baru ini, nilai saya bisa terdongkrak. Saat ini adalah saat saat menjelang ujian atau UAS, tutorial ini akan berakhir dalam beberapa hari ini, saya pun berusaha menjawab pertanyaan baru ini. saya reka jawaban yang paling tepat, paling esensial dengan pertanyaan, hehehe.. 

Setelah saya jawab, saya cek nilainya, rupanya belum juga diberi nilai, keesokan harinya saya lihat cek lagi, dan  belum juga dinilai. Wah jangan-jangan jawaban saya yang baru ini nggak di nilai. bahaya nih,,,gumam saya dalam hati. Dan akhirnya di hari ketiga, saya cek, akhirnya dinilai. Dan berapa nilainya? rupanya jawaban saya yang baru dapat  nilai 85, pemirsahhh....Alhamdulillah





Nilai terdongkrak, saat memanfaatkan momen. sumber foto: koleksi pribadi

Tidak sia-sia saya memutar otak di masa injury time, di masa-masa mau berakhir sesi tutorial ini. Walau menjelang beberapa hari masa ujian, saya dapat menambah nilai diskusi. 

Walaupun nilai diskusi ini tidak begitu besar kontribusinya pada hasil akhir, tapi ya, paling tidak dapat sedikit membantu dan juga supaya tetap menjaga mood otak kita bekerja.

Demikian teman-teman, pengalaman saya tentang e-learning, yaitu menjawab diskusi di masa injury time, masa akhir tutorial.

Bagaimana pengalaman teman-teman dengan mata kuliah ini? saya tunggu ceritanya di kolom komentar di bawah tulisan ini


Terima kasih

 

Note:  

Tulisan dibuat jam 01:37 dini hari, sambil mendengarkan lagu Zinidin Zidan sang pengamen Yogyakarta yang sedang viral " Buih jadi permadani"


Kunjungi tulisan saya lainnya:

http://fauzisukajujitsu.blogspot.com/2018/02/sunrise-city-tanjungpinang-hotel-nyaman.html

http://fauzisukajujitsu.blogspot.com/2021/07/serunya-meet-up-pertama-pgsd-ut.html




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.