Header Ads

Temu Kangen




 Hari ini Rabu 14 oktober 2015 bertepatan dengan hari libur Nasional yaitu bertepatan dengan tahun baru Islam yaitu satu Muharram 1437 Hijriyah. Hari ini kawan kawan saya yang tergabung khususnya Alumni SMPN 1 Sumobito Jombang Jatim angkatan tahun 1993 mengadakan acara Reuni ,temu kangen bersama yang dilaksanakan di sebuah kedai atau semacam warung yang lebih mirip dengan Kafe yang ada di Dukuh Klampisan Desa Segodorejo di Kecamatan kami , Kecamatan Sumobito.

                Tempat acara ini sangat asing terdengar di telinga saya, karena hampir saya bertahun-tahun tidak pulang kampung, dan baru kali ini saya mendengarnya untuk Pertama kalinya ketika kawan kawan akan melaksanakan hajatan Reuni ini.

                Yang melatar belakangi terselenggaranya acara ini adalah kelanjutan dari obrolan-obrolan atau chatting kami di media sosial baik di Grup Facebook atau WA(Whatsapp) yang baru beberapa tahun ini kami bikin , dan dari situlah komunikasi intens di langsungkan , diwaktu senggang dalam menjalani rutinitas sehari hari setiap personalnya. Dan kemungkinan juga adanya beberapa kawan yang berdomisili diluar daerah dan bahkan di Negeri seberang yang sudah  ngebet tak tahan untuk ketemuan satu sama lain disuatu hari. Sehingga terlaksanalah acara reuni ini walaupun secara dadakan dan minim persiapan.

Saling sapa satu sama lainnya,sebelum acara Reuni di mulai




Rencana  ini selain di update di grup Sosial media juga diadakan pertemuan-pertemuan atau KOPDAR kecil kecilan alias kongkow- kongkow santai ditempat tempat yang telah di janjikan, seperti dirumah salah satu kawan atau juga di Warung Wongso tersebut.

                Saya sendiri lupa sudah berapa kali Kawan kawan SMPN 1 Sumobito angkatan tahun 1993 ini sudah melaksanakan acara Reuni seperti ini, terakhir yang pernah saya ikuti adalah pada Tahun 2002 yang berlokasi di Depan Pasar Sumobito dan ini pun gabungan dengan beberapa angkatan sesudahnya. Semenjak itu saya hampir tak pernah lagi mengikuti acara Reuni disebabkan saya jarang pulang kampung, walaupun  saya pulang kampung terkadang waktunya yang tak bertepatan dengan acara Reuni seperti ini, yah..harus di tabah kan saja hati ini…( sambil ngelus dada dan guling-guling depan pintu) he..he.. , semoga saja kesempatan kedepan saya bisa ikut.

                Acara ini terselenggara dengan baik dan meriah karena ada banyak tangan-tangan kreatif di sana dari pembuatan undangan , pemasangan Publikasi , Baliho di Jalan Area Sumobito sampai bergeraknya Team Silent dalam mengumpulkan sumber dana he..he.., yang jelas dana ini berasal dari sumber yang Positif bukan dari Sumber yang di Larang seperti Kasus “ Papa Minta Pulsa” di ibu kota sana he..he..! dan saya percaya dengan kemampuan dan kredibelitas kawan-kawan panitia atau yang lainnya dalam merancang acara Reuni ini yang seciamik mungkin, karena mereka adalah orang orang yang hebat di saat saat zaman sekolah dulu dalam meng-orgenize suatu kegiatan seperti Osis ,pencak silat, Pramuka,olahraga ataupun ekstra kurikuler lainnya, apalagi sekarang kawan-kawan sudah mumpuni dibidang masing-masing dalam kehidupan yang nyata, baik di dunia kerja , usaha maupun organisasi lainnya yang digeluti masing-masing individu dari pakar pertanian, Pemerintahan, Guru, Pembangunan( tekhnik sipil), pedagang , entertainment(aka Radio) he..he..semua bergabung menjadi team yang solid demi kelancaran kegiatan ini.


Salah satu Baliho atau spanduk di salah satu ruas Jalan raya Sumobito



Acara Reuni SMP kami ini digelar pada hari Rabu 14 oktober 2015 yang bertepatan dengan hari libur nasional yaitu tahun baru islam 1 Muharram 1437 Hijriyah, jadi kawan-kawan banyak yang libur. kenapa kok digelar tidak saat saat lebaran ? mungkin ini adalah acara perintis sebelum dilaksanakan Reuni Akbar , Reuni yang lebih besar nantinya, Wallohu A’lam.

                Di undangan tertera acara mulai jam 9 pagi , maka sebelum jam tersebut kawan-kawan undangan sudah banyak yang datang, banyak diantara mereka yang sudah lama tak ketemu sehingga sebelum acara di mulai mereka banyak yang ngobrol santai tentang banyak hal, walaupun mereka jarang bertemu bahkan ada yang tak pernah bertemu sekalipun sejak kelulusan kami tahun 1996 atau hampir 20 tahunan lamanya, rupanya tidak menghambat atau adanya kekakuan- kekakuan dalam berkomunikasi, layaknya mereka adalah teman sepermainan yang kayaknya bertemu tiap hari saja. Walaupun ada satu dua orang yang canggung dan malu-malu , karena hampir lupa dan Pangling dengan kawannya sendiri seperti dahulu ada yang pendek sekarang menjadi jangkung, dahulu ada yang kurus sekarang menjadi Gendut, dahulu yang bersih sekarang brewokan,dahulu yang jelek berubah makin cantik dan tampan, dahulu yang cantik dan tampan sekarang menjadi makin Cuantikkk dan tuammpann….! yang tak ada hanya dahulu tua sekarang menjadi muda,,he..he..


Undangan yang telah disebar



“ Lho gimana kabarnya? Kok tambah gemuk saja, wah tambah subur saja, ini dulu yang suka… bla..bla..” seperti itulah percakapan satu sama lain bila saling ketemu.

                Temu kangen kawan-kawan SMPN I Sumobito angkatan 1993 ini bertemakan “ Menjalin Tali Silaturahmi yang Erat dalam Indahnya kebersamaan” tema ini memang sangat pas, suatu kebersamaan itu memang Indah dan menyenangkan , seperti kebersamaan sepasang kekasih , kebersamaan seorang bapak dengan anak dan istrinya .atau kebersamaan istri dengan  anak dan suaminya,dan lain lain,apalagi kebersamaan dengan kawan-kawan lama seperti ini.

                Dan lagi dengan manfaat Silaturahmi yang begitu besar, yaitu bisa memperpanjang umur dan juga melancarkan rezeki, karena rezeki tidk hanya berbentuk uang saja ,bertambah kawan, badan sehat anak anak cerdas, para tetangga baik dengan kita jauh dari bencana juga merupakan rezeki, maka dengan itu begitu antusiasnya kawan-kawan ini dalam mengikuti acara Reuni ini.

                Acara digelar dengan santai dan sederhana di Warung Wongso dengan cara duduk lesehan bersama sehingga semua bisa bertatap muka satu sama lainnya, disini juga mengundang  beberapa guru kami yang dulu berjasa bagi kami, walaupun hanya empat orang yang hadir  tidak mengurangi kemeriahan acara ini, karena dengan kedatangan beliau-beliau ini acara menjadi lebih bermakna, beliau-beliau ini antara lain bu Suryami guru Geografi, pak Yasin guru Matematika , pak Hutomo atau pak Tom familiarnya sebagai guru Olahraga dan juga bu Urifah selaku guru Biologi, selain itu dua nama yang saya sebut terakhir adalah sepasang suami istri yang sangat Harmonis tentunya. Walaupun guru-guru kami ini sudah tidak muda lagi seperti dulu kegagahan dan kecantikan mereka masih terlihat hingga sekarang ,lebih lebih-lebih kegagahan atau kecantikan dari dalam tentunya yang selalu memancarkan energy positif yang selalu memberi manfaat disekitarnya termasuk kami -kami selaku muridnya.


Bapak Ilyas dengan Kesan-kesannya


Seperti biasa acara kumpul-kumpul lazimnya dibuka dengan pembukaan dan sambutan sambutan, baik perwakilan dari panitia dan juga perwakilan guru-guru kami, dari panitia diwakili oleh bapak Suwanto dan juga bapak Achmad Rukan Ilyas Anshori dengan kesan-kesannya, sedang perwakilan dari para guru di wakili oleh pak Yasin, acara demi acarapun dilangsungkan dengan di pandu oleh pembawa acara atau MC kita bapak Eko Widodo yang juga seorang entertainer handal selaku penyiar Radio kawasan,yaitu Radio Maheswara 100.4 fm, jadi sangat pas dengan kemampuannya yang tak diragukan lagi sehingga acara berjalan dengan meriah dan menarik. Di acara ini juga panitia memberi hadiah kepada guru-guru kami masing-masing beberapa bingkisan. Acara juga semakin meriah dan ramai karena sebagian kawan- kawan banyak yang membawa turut serta anak-anaknya sehingga suasana serasa seperti dalam keluarga sendiri,panitia pun cukup cerdas dengan memberikan hadiah kecil-kecilan kepada mereka sehingga anak anak ini jadi anteng dan tidak banyak usil.
Para ibu beserta anak-anaknya yang sangat antusias dalam  mengikuti acara


Disela-sela jalannya acara juga dibagikan doorprize atau hadiah-hadiah bagi yang hadir dengan cara mengundi nomer absen , yang jelas nomer absen atau kehadiran di acara ini…mana mungkin nomer absen saat sekolah dahulu he..he.. dijamin tak ada yang ingat walaupun masih ada yang ingat itupun sebagian kecil saja, kalau saya Alhamdulillah masih ingat,karena buku-buku SMP saya masih ada, dahulu nomer saya nomer tiga belas saat kelas satu  hihihi….!  Acara demi acara telah terlewati , Dari pembukaan , sambutan- sambutan,kesan-kesan pembagian doorprize, semuanya berjalan dengan lancar meriah dan kekeluargaan, hingga mendekati akhir…. acarapun dilanjutkan dengan do’a ,yang mana do’a  ini di pimpin oleh Bapak Yasin guru kami, tetapi saat do’a ini ada kesalahpahaman kecil yaitu salah satu isi do’a diperuntukan bagi guru-guru atau kawan-kawan kami yang sudah meninggal akan tetapi ada guru kami yang masih sehat segar bugar dan dikabarkan sedang rekaman lagu malah dido’akan supaya lebar dan lega kuburnya, sontak saja membuat gempar dan ramai suasana, walaupun begitu sesi do’a ini berjalan dengan khusyuk dan  khidmatnya yang di aminkan oleh semua yang hadir…he..he..aya aya wae..!



Pak Yasin membacakan Do'a yang sempat membuat heboh 



Dan acara yang paling di tunggu-tunggu akhirnya menjelang  yaitu acara makan-makan…! Ya maklumlah waktu sudah sampai ba’da dhuhur..istilah orang barat “ wis Kaliren kabeh ” atau sudah lapar pakai bingits….he..he..!jadi semuanya yang tadi perut keroncongan dan resah, pas acara makan- makan semuanya jadi tidak resah alias tentram bahagia …dari info yang saya terima dan memantau dilapangan dari jauh menu makananya adalah ayam, mungkin ayam kecap atau ayam bakar…seperti itulah karena terlihat hitam-hitam sedap….( sok tahu kaleee,,,) apalagi di hidangkan secara presmanan..hemm siapa kuat dia dapat, mungkin seperti itulah bila makan ala presmanan , apalagi bapak-bapaknya kalau ibi-ibu mah…pasti malu-malu dan ambil sedikit saja. Tapi sayang kalau mengambil hanya sedikit karena nanti pasti makannya bareng -bareng sama anak , kapan kenyangnya kalau makannya rebutan sama anak sendiri he..he..he..! tapi kalau ibu cerdas pasti ambil dua porsi , seporsi untuk anak seporsi lagi untuk ibu, dan lebih untung lagi bila sianak tak habis atau tak mau makan maka ibunya dapat dua porsi , itu untuk satu anak , coba kalau bawa dua anak? Bisa super untung he..he..he..!(ngelantur.com’).


Makan Time, hemmm...delicious...!


Dari penuturan salah satu panitia, untuk menu makannya yang memilih adalah bapak- bapak yang ahli dalam hal makan memakan sedang ibu- ibunya tahu beres saja.Dimana-mana acara makan- makan memang enak dan menentramkan.Setelah acara makan-makan selesai maka selesailah semua rangkain acara Reuni kali ini.Ada beberapa orang yang pulang, beberapa lagi masih menuntaskan kerinduan mereka dengan nongkrong- nongkrong santai beberapa saat.

                Dari pantauan saya dari jauh acara ini di hadiri oleh banyak kawan kawan kami , antara lain: bapak Khomsin, bapak Novi, bapak Awang, bapak Mu’is,bapak Soleh ,bapak Wanto,bapak Hasyim, bapak Sadi, bapak Kharis,bapak Aris, bapak Basori, bapak Nurwaji, bapak Elif,bapak Eri,bapak Ilyas, bapak Kokok,bapak Asep,bapak Teguh,bapak Eko selaku pembawa acara dan beberapa bapak lainnya yang saya lupa namanya. Untuk ibu-ibuya anatara lain: ibu Neny,ibu Utami,ibu Nisak,ibu Eni duwur, ibu Lilis, ibu Yurnida,ibu Isti beserta ibu- ibu  lainnya yang lagi-lagi saya juga lupa namanya.

                Sedang perwakilan guru yang hadir antara lain bapak Yasin,ibuSuryami,bapak Hutomo(pak Tom) dan ibu Urifah,semoga sehat selalu untuk beliau beliau. Dari suasana acara keseluruhannya terlihat membahagiakan satu sama lain,saling ketemu saling canda, ada yang malu-maluada yang ngember yang bingung pun ada,karena dahulu waktu SMP tidak begitu kenal sekarang sudah paroh baya makin tidak kenal karena perubahan-perubahan yang terjadi  he..he..he..!yang jelas banyak hal yang bisa dipetik manfaat dari pertemaun seperti ini yang salah satunya adalah memupuk Silaturahmi antar semua dan juga mengenag jasa-jasa para guru kita dahulu hingga kita menjadi manusia-manusia yang bermanfaat dan berkepribadian kuat seperti apa yang bapak Suwanto sampaikan dalam sambutannya di awal. Dan juga pertemuan seperti ini bisa menjadi ajang tolong menolong antara satu sama lainnya, yang sukses menolong yang belum sukses seperti apa yang disampaikan bapak Yasin dalam sambutannya juga diawal.

Keluarga besar Alumni SMPN1 angkatan 1993 beserta dewan guru, show up before going home.


Kawan-kawan yang budiman berpulang dari hal-hal positif diatas hal-hal negatif juga pasti ada dan sebisa mungkin kita hindarkan, salah satu contoh adalah  saat-saat dulu masa kanak-kanak (puber ding..hehe..) sungguh sangat berbeda keadaannya dengan masa sekarang. Dulu ada yang pendiam ,dulu ada yang suka usil, dulu ada yang suka ngember(suka nyablak bin clometan...) untuk sekarang kita harus pandai-pandai membawa sikap , belum tentu kawan kita dulu yang suka usil juga suka ngember sekarang tetap seperti itu siapa tahu sekarang malah jadi pendiam atau sebaliknya dahulu yang pendiam sekarang menjadi cerewet atau suka ngember, so kita harus berhati- hati dan pandai membawa sikap dalam berinteraksi dengan kawan lainnya demi menghindari ketersinggungan dan kesalahpahaman lainnya. Bila hal-hal seperti ini terjadi bukan kedekatan yang kita dapat justru hubungan pertemanan makin renggang, jangan sampai..!. Reuni bisa membawa banyak manfaat besar juga bisa membawa bencana yang besar bila kita tidak bisa mensikapinya dengan baik, banyak kawan yang malu datang karena minder dan sebagainya karena ada yang beranggapan  Reuni adalah ajang pamer, pamer keberhasilan pamer kekayan dan sebagainya pikiran dan hal- hal seperti inilah sebisa mungkin kita jauhkan .

                Dan saya percaya pada kawan-kawan semua adalah orang orang yang dewasa dan bijaksana yang sudah sangat tahu batas- batas perkawanan dalam usia matang yang bukan anak anak lagi. Saat dahulu beda dengan saat sekarang, dahulu kita suka si A, dahulu kita suka si B, dahulu si Anu suka si Ana, dan sebagainya, memang benar kita sekarang berada dikeluarga besar kita yaitu keluarga besar Alumni SMPN1 Sumobito angakatan 1993 tapi yang perlu di ingat di belakang kita masih ada keluarga-keluarga kecil kita masing-masing , masih ada anak-anak kita ,istri kita atau suami kita, boleh CLBK alias” Cerita Lama Belum Kelar”  mungkin ada cerita cerita masa kecil kita masih terpending silakan di kelarkan, asal jangan ber-"CLBK" yang lainnya, karena bisa mendatangkan bencana.

Kawan-kawan yang budiman ,coretan-coretan iseng saya  ini bukanlah bermaksud untuk menggurui cuma hanya ingin saling ingat mengingatkan .

Finnaly saya ucapkan selamat dan sukses kepada kawan-kawan Alumni SMPN1 Sumobito angkatan 1993 yang telah sukses menggelar acara Reuni atau temu kangen walau digelar secara sederhana tetapi tidak mengurangi kemeriahannya. Semoga acara-acara yang akan kita gelar kedepannya akan  lebih meriah dan menambah erat rasa persaudaraan kita. Salam dari kami yang tak bisa datang.

Salam Bahagia
Batam,25 Januari 2016

Catatan: Pemasangan  gambar di tulisan ini telah mendapat izin dari para anggota Grup Fb dan WA.



Berikut gambar-gambar saat acara Reuni berlangsung:

Para Guru yang hadir dari kiri: pak Yasin,pak Hutomo,bu Urifah dan bu Suryami

Salah satu sumbangan pada  yang membutuhkan, eh..! bukan ding..!  ini Doorprze rupanya.
"Bagaimana bu ? minat dengan bisnis Ayam saya?" ungkap anak Polisi pada istri Polisi.
Kongkow di Warung Wongso beberapa hari sebelum acara Temu kangen dilangsungkan
"Bapak wartawan infotainment ya? wawancara? bolehh...!" ujarnya salah satu kawan kita
"Hayo...siapa yang makan sampai habis 6 piring ?"
Suasana acara yang santai dan kekeluargaan
"Eits...tunggu dulu, kenapa kamu kasih hadiah aku kecil begini tadi...?"ujar Bapak Eko
kelar acara kongkow bareng di Warung Wongso, beberapa hari sebelum acara Temu kangen.




2 komentar:

  1. Alhamdulillah.... tak putus silaturahmi.... next time dikondisikan bisa kumpul2 dgn yg buat blog hehehe... kabar2i ya...

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.