Header Ads

Road To FESYAR 2017

Dari kejauhan pulau ini tampak sama dengan pulau-pulau lain di Provinsi Kepri ini. Secuil gundukan tanah tertutup oleh rimbun pepohonan. Yang membedakan dengan pulau-pulau lain disekitarnya adalah adanya pemandangan yang mencolok di sana. Sejurus, mata kita akan menangkap pemandangan yang kontras. Dikelilingi rimbun pepohonan hijau yang sedikit gelap, terdapat empat menara berwarna kuning cerah bercahaya. Ya, itulah empat menara Masjid Sultan Riau yang legendaris yang menjadi ciri khas utama pulau tersebut. Penyengat, itulah nama pulau tersebut. Salah satu pulau di Provinsi Kepri yang banyak mengandung cerita sejarah di masa lampau.

Pulau Penyengat(foto oleh: www.adventurose.com)


Kawan-kawan yang budiman, teruntuk saudara-saudari semua yang tinggal di sekitaran Tanjungpinag, Pulau Bintan, Pulau Batam dan KEPRI pada umumnya, beserta saudara dari negeri serumpun Singapura, Malaysia dan negeri jiran lainnya. Dalam beberapa hari kedepan tepatnya Sabtu, 22 Juli 2017 disalah satu pulau peninggalan bersejarah wilayah melayu tersebut akan diadakan sebuah event akbar, yaitu sebuah acara festival yang akan di taja oleh beberapa istansi yaitu: Bank Indonesia, Pemko Tanjungpinang, Dinas Pariwisata Tanjungpinang, dan Batam pos intrepreuner school.

Road to Fesyar, itulah nama event tersebut atau Festival Pulau Penyengat Syawal Serantau. Yaitu suatu acara yang berisi dengan perayaan seni budaya, yang dilaksanakan bertepatan di bulan syawal( nama bulan dalam penanggalan islam setelah bulan ramadhan). Karena bulan syawal identik dengan bulan kemenangan dan juga perayaan bagi umat islam. Sehingga di gelarlah acara pada bulan ini.

Untuk sedikit kita ketahui, Pulau Penyengat adalah sebuah pulau yang penuh sejarah yang sarat akan seni, budaya, agama dan politik di masa lampau . Selain itu bahasa Indonesia, bahasa persatuan kita juga lahir dari cendikiawan dan para alim dari pulau ini. Peninggalan-peninggalan dan situs sejarahpun banyak bisa ditemukan di pulau ini, antara lain: Masjid Sultan Riau, gedung adat, perkantoran, makam para ulama, benteng pertahanan dan juga situs-situs sejarah lainnya.

Masjid Sultan Riau(foto oleh: Festival Pulau Penyengat)


Sehingga dalam kesempatan ini, saya mengajak kawan-kawan semua yang ingin mengetahui situs-situs dan sejarah pulau ini, untuk bisa bertandang kesini, sekalian melihat event Road to Fesyar ini.

Bila kita berkunjung ke suatu daerah wisata, ketika pulang pasti akan membawa oleh-oleh, baik yang berbentuk makanan, kerajinan, cendra mata dan lainnya. Tentunya oleh-oleh yang tak kalah menariknya adalah kebahagian, kepuasan dan cerita-cerita menarik daerah tersebut untuk di bagi ke saudara dan handai tolan.

Foto oleh: www.hijabtraveller.com


Oleh-oleh yang menarik tersebut saya jamin bisa kawan-kawan dapatkan di sini, di Pulau Penyengat ini. Apalagi dengan acara festivalnya beberapa hari lagi. Karena dalam acara tersebut akan banyak pagelaran seni budaya yang sangat menarik, acara yang akan digelar dalam festival ini, antara lain: Bazar Malay Fashion, Culture Malay Carnaval, Parade Malay Fashion, Bazar Food & Beverage, Haul/Tabligh Akbar, Wisata Religius dan banyak lagi tentunya.


 Olahan gonggong, salah satu kuliner Khas Melayu( foto oleh: www.linasasmita.com)


Selain itu yang tak kalah menariknya, panitia juga mengundang berbagai lapisan masyarakat untuk turut andil dalam acara perlombaan yang disebut Kompetisi Seni Budaya yang terdiri dari: lomba Pantun tingkat SMA, Lomba Kompang dan Lomba Pangkak Gasing. Dan bagi para netizen tidak ketinggalan, panitia juga mengadakan lomba Photography dan lomba membuat Short video untuk mempromosikan wisata Pulau Penyengat.

Gasing(foto oleh: Festival Pulau Penyengat)


Terakhir panitia juga mengadakan lomba pada pelaku bisnis travel untuk membuat Paket Tur Halal ke Pulau penyengat. Dan semua lomba diatas reward atau hadiahnya sangat menarik. Jadi, bila kawan-kawan punya passion di masing-masing lomba seperti diatas, bisa langsung mendaftar ke panitia.

Tunggu apa lagi? Mari datang ke Pulau Penyengat. Ikuti lombanya, gali sejarahnya dan nikmati kemeriahan acaranya.
















Informasi kegiatan bisa dicek melalui:

1. Harian Pagi Batam Pos, www.batampos.co.id

2. Facebook : Road To Fesyar Penyengat Syawal Serantau

3. Blogspot : http://batamposentrepreneurschool.blogspot.co.id/

4. Instgram : Road to Fesyar Penyengat Syawal Serantau

5. Untuk komunikasi dan kontak panitia melalui facebook panitia Niswatul Hasanah dan

whatsapp 081267946049



Howgh!




3 komentar:

  1. seru nih, banyak lomba nanti nih di festival ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dari festival yg sudah sudah selalu ramai dan meriah.

      Pingin kesana juga sih...

      Btw trims udah visiting.

      Hapus
    2. Iya dari festival yg sudah sudah selalu ramai dan meriah.

      Pingin kesana juga sih...

      Btw trims udah visiting.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.