Header Ads

Berbagi Ilmu Blog Dalam Acara Blogger Gathering Bersama JNE

Setelah sukses dengan gelaran acara kumpul bareng antara JNE dan Blogger Kepri tahun lalu(klik disini), hari ini Jum’at 9 Juni 2017 bertempat di ruangan Mosaic, Hotel Novotel Jl Duyung Batu Ampar Batam, JNE mengadakan acara gathering bersama para anggota Blogger Kepri untuk kedua kalinya.

Hotel tempat acara(foto: koleksi pribadi)


Kalau dulu JNE memperkenalkan produk baru MY JNE, sekarang mereka mengadakan program Blogger Gathering Ramadhan 2017 , yang isinya adalah bagi-bagi ilmu nge-blog dan vlog kepada kami. Tak tanggung-tanggung JNE membawa narasumber kondang yaitu Pungky Prayitno dan Haykal Kamil salah satu selebriti ibu kota. Program ini sebenarnya dilangsungkan di empat kota seperti Bogor, Bandung, Surabaya dan Batam. Untuk Batam sendiri mendapat giliran yang ke tiga.

Ruang Mosaic(foto: koleksi pribadi)


Acara yang mengambil tema “Unpack Your Creative Content” alias membongkar seluk beluk blog menjadi lebih menarik ini, dilangsungkan sore hari sekalian dengan acara buka bersama. Acara digelar dengan santai, tidak seperti seminar-seminar lazimnya. Karena yang dibahas adalah dunia blog dan vlog dan dunia maya pada umumnya, sehingga acara di deliver sangat santai bahkan terkesan lucu. Apalagi saat si Pungky menjabarkan dunia perblogan, dia lebih banyak nglucunya. Blogger satu ini memang unik, walau sudah berstatus ibu-ibu namun gayanya laik ABG saja, hehehe..!

Pungky(foto: koleksi pribadi)


Narasumber satunya adalah aktor sinetron Haykal Kamil yang merupakan adik kandung dari artis Zaskia Adya Mecca. Haykal Kamil sekarang aktif didunia barunya, ngevlog alias bercerita lewat video yang berisikan hal-hal menarik dalam kesehariannya, termasuk cerita jalan-jalan tentunya.

Haykal saat ngobrol dengan kami(foto: koleksi pribadi)


Kedua penggiat dunia maya ini, orang-orangnya sangat ramah dan gampang bergaul. Ketika kami malu-malu justru mereka yang menyapa duluan sehingga membuat suasana menjadi segar dan tidak kaku.

Haykal ngevlog bareng kawan-kawan(foto: koleksi pribadi)


Banyak ilmu yang dibagikan dalam acara ini, sayang saya tak bisa mengingat semuanya, saya hanya dapat beberapa poin saja. Seperti yang disampaikan si Pungky bahwa ngeblog itu jangan egois, maksudnya blog itu isinya jangan tentang kita atau foto-foto kita saja, jadi posisikan diri kita sebagai pembaca. Hilangkan perasaan kita menganggap bagus tulisan kita, kita harus melihat tulisan dari sisi luar, sisi pembaca. Sehingga pembaca akan nyaman dengan tulisan di blog kita, sehingga mereka setia menjadi follower atau pengunjung blog kita.

Dua narasumber yang keren dan kocak(foto: koleksi pribadi)


Penasaran dengan blog si Pungky yang sering viral itu? Kawan kawan bisa lihat di tiga alamat ini www.pungkyprayitno.com, www.sujiwo.com dan www.surgakecil.com, selamat blogwalking, dijamin akan kepincut dengan tulisan-tulisan doi yang renyah ini, hehe..!

Bahasan berikutnya adalah tentang video blog, atau disebut vlog, fenomena ngevlog ini muncul beberapa tahun ini. Dalam paparannya, Haykal memberikan beberapa tips untuk ngevlog, salah satunya adalah bila kita mau ngevlog kita harus tahu apa yang akan diomongin, pesan apa yang mau disampaikan sehingga tidak akan ngeblank saat cuap-cuap depan kamera.

Mas Tegulamanis dalam sesi tanya jawab(foto: koleksi pribadi)


Haykal menambahkan, karena ngevlog adalah bikin video dan kita ngobrol sendiri, jadi biar kesannya tidak seperti orang gila atau aneh di depan khalayak, kita juga harus peka terhadap lingkungan sekitar, jadi pandai-pandai kita melihat kondisi yang ada. Pokoknya banyak sekali tips dan ilmu-ilmu yang diberikan Haykal Kamil dalam paparannya, namun tidak semuanya tercatat oleh saya karena saat itu saya sedang konsen ketik-ketik smartphone demi mengikut lomba live twitter dan Instagram yang diadakan pihak JNE saat itu hehe…!

Acara ini dihadiri oleh 35an anggota Blogger Kepri, dan dari JNE sendiri ada beberapa perwakilan seperti Mbak Sherilla dari tim Sosial Media JNE Jakarta yang saat itu didapuk sebagai pembawa acara, selanjutnya Mas Riza yang sibuk bertugas sebagai registrasi dan dokumentasi. Dan terakhir, yang satu ini wajahnya sangat familiar dengan kami yaitu Mas Rian Joharianto selaku Digital Media Headquarter dari JNE Jakarta. Dan juga yang tak kalah pentingnya adalah hadirnya Bapak Afrizal sebagai perwakilan top management dari JNE Batam. Yang sudah menyempatkan hadir dan menyapa kami disini, karena selain disini beliau juga ada jadwal ditempat lain yang harus beliau hadiri yaitu berbagi Ta’jil dan juga buka bersama dengan anak-anak yatim piatu.

Pak Afrizal dalam sambutannya(foto: koleksi pribadi)


Acara yang durasinnya dua jam terasa cuma sekejap karena disampaikan secara santai dan lucu. Saat itu pihak JNE pun mengadakan beberapa lomba saat acara berlangsung, yaitu lomba live Twit, Instagram dan beberapa kuis.

Ada hal lucu pada acara kuis ini, saat pembawa acara, Mba Sherilla melontarkan pertanyaan pertama tentang apa kepanjagan dari JONI? Serentak semua terbengong-bengong dan tidak tahu jawabannya, sampai search di mbah Google, namun setelah dicari di mesin pencarian ini pun kami tak menemukan artinya, sehingga pertanyaanpun diubah. Tapi sebelum melemparkan pertanyaan kedua, Mas Rian pun memberitahukan kepanjangan dari JONI, yaitu “JNE ontime integrated” dan JONI ini rupanya bukanlah singakatan asal-asalan, ini adalah motto JNE dimasa-masa awal. Sebelum adanya Motto yang baru sekarang”Connecting Happiness”. Wah! jadi tahu sejarahnya, kenapa disebut JONI.

Saat kuis yang kedua dilempar, kawan kami Chahaya mendapat kesempatan pertama, sayang jawabannya masih kurang lengkap sehingga kuis inipun dimenangkan Mas Danan karena menjawab dengan sempurna.

Chahaya menjawab kuis(foto: koleksi pribadi)


Menjelang berbuka, pemenang lomba live twit dan Instagrampun diumumkan. Untuk kuis dimenangkan oleh Mba Menik dan Mas Danan, sedang lomba live twit dimenangkan oleh Mba Dian dan Chahaya.

“ Untuk Chahaya rejeki tak akan kemana sudah ada yang ngatur” ujar Pungky Prayitno sambil ngakak, setelah tahu Chahaya akhirnya dapat hadiah dari lomba twitter karena pada kesempatan awal tadi gagal di kuis.

Sedang lomba Instagram dimenangkan oleh Mba Lianda Marta dan selebgram baru Agus Putra Assad. Selamat semuanya…!

Sherilla memberikan hadiah kuis(foto: koleksi pribadi)


Para pemenang lomba live twit dan instagram(foto: koleksi pribadi)


Selain lomba lomba diatas pihak JNE pun mengumumkan dua lomba lagi untuk diikuti nanti selepas acara ini yaitu, pertama yaitu posting gambar tas kecil takjil ke Instagram dengan mencantumkan Hastag #takjilJNE dan #JNE. Siapapun nanti yang menang akan mendapatkan hadiah menarik. Dan yang tak kalah menariknya adalah bikin vlog dengan dengan tema “Tips Belanja Online” dan upload di You tube atau Instagram dengan mencantumkan Hashtag #ramadhan bersamaJNE, dengan batas sampai akhir bulan ini dengan hadiah antara lain, juara satu mendapat Iphone6, juara dua dapat Camera Canon G7X MIII dan sepuluh juara favorit akan mendapatkan voucher belanja.

Toplah JNE bulan ramadhan dengan bagi bagi ilmu dan hadiah-hadiah menariknya.

Akhirnya acarapun ditutup dengan buka bersama, ramah tamah dan foto bersama. Namanya banyak selebgram diantara kami, jadi ada saja tingkah polah mereka semua. Tidak ada hal yang menarik untuk dilewatkan demi mendapat foto terbaik. Tak heran disela-sela menyantap hidangan berbuka masih banyak yang sibuk lari sana lari sini demi foto terbaik dan bernarsis ria.


Acarapun ditutup dengan suka ria.

Silaturahmi dapat, ilmupun dapat.

Hadiah dapat, kebahagiaan berbuka pun dapat.

Mari berbuka(foto: koleksi pribadi)


Para selebgram baru(foto: koleksi pribadi)


Bahagia dalam kebersamaan(foto: Blogger Kepri)


Swafoto bersama Haykal dan Pungky(foto: Blogger Kepri)


Penulis, so cool(foto: koleksi pribadi)



Trims JNE, sukses selalu.



Batam, Jumat 9 Juni 2017

Howgh

6 komentar:

  1. Nice writing Mas... Tahun lalu masnya ikutan juga ya? Keren....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, itu pertama kali saya kopdar dg awak blogger kepri.

      Perasaan saya berdebar debar campur bahagia karena bisa kumpul dg mereka saat itu.
      Karena saya bisa ketemu dg penulis2 favorit saya. Hihii

      Hapus
    2. Iya mba, itu pertama kali saya kopdar dg awak blogger kepri.

      Perasaan saya berdebar debar campur bahagia karena bisa kumpul dg mereka saat itu.
      Karena saya bisa ketemu dg penulis2 favorit saya. Hihii

      Hapus
  2. Baru tau juga ni bahwa Joni itu Jne Ontime Integrated hahah kukira Joni nama kurir..heheheh

    btw, aku ada pake foto mas fauzi yg bg uma lagi melongo..maaf gak cantumin sumber fotonya..karena itu juga dpt dri group, ternyata milik mas fauzi toh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. No problem kak, sayapun sering pinjam gambar kawan2 lainnya.

      Btw.
      Trims dah mampir...

      Hapus
    2. No problem kak, sayapun sering pinjam gambar kawan2 lainnya.

      Btw.
      Trims dah mampir...

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.